Sabtu, 31 Desember 2016

Tugas 1: Artikel (Facebook)

Mengenal Facebook sebagai Media Pembelajaran

        Situs jejaring sosial hadir menjadi sesuatu yang digemari oleh banyak kalangan. Facebook merupakan salah satu contoh situs jejaring sosial yang paling digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat begitu juga dengan pelajar. Facebook saat ini sudah menjadi sebuah fenomena baru. Bahkan banyak orang yang dalam sehari log in akun Facebook mereka lebih dari sekali. Hal ini cenderung membuat pengguna lupa waktu dalam penggunaan situs jejaring sosial tersebut sehingga mengalihkan waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk kesibukkan lain yang lebih bermanfaat. Selain itu, ketagihan dalam penggunaan situs jejaring sosial juga berdampak buruk apalagi jika sudah berani mengakses situs jejaring sosial pada jam kerja atau saat kegiatan belajar mengajar di kelas.

        Pada awalnya Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 dibuat terbatas untuk kalangan mahasiswa Harvard. Mark Zuckerberg selaku seorang pendiri Facebook dan juga seorang mahasiswa Harvard semula hanya memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah situs web yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam Universitas. Tetapi setelah dua bulan ternyata banyak sekolah atau universitas lain yang menjadi anggota Facebook. Sehingga dalam waktu satu tahun setelah peluncurannya, Facebook terbuka untuk umum, seluruh pengguna di dunia.

        Dilihat dari sejarah tersebut, Facebook mempunyai tujuan yang baik hanya saja kebanyakan pengguna yang menyalah gunakannya yang menimbulkan dampak negatif. Banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat, siswa menjadi malas belajar, berkurangnya interaksi antara orang tua dan anak, tergantikannya kehidupan sosial merupakan beberapa dampak negatif yang timbulkan oleh para pengguna yang tidak bertanggung jawab.

        Namun setelah ditelaah lebih jauh, Facebook sebenarnya dapat menjadi sebuah alternatif yang dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Hal ini terkait dengan upaya meningkatkan semangat belajar pada siswa menuju hasil belajar yang maksimal. Sistem konvensional yang selama ini diterapkan sudah mulai membuat siswa bosan. Sayangnya, banyak pendidik yang belum peka terhadap manfaat Facebook sebagai media pembelajaran. Padahal, Facebook sangat diminati para siswa karena lebih menarik dan juga lebih mudah diakses saat pembelajran berlangsung, maupun dimana saja melalui ponsel pribadi. Salah satu fasilitas yang dapat digunakan adalah fitur group dalam Facebook. Pengelolaan fitur tersebut dengan baik dapat menjadi sebuah hal menarik dan lebih berguna bagi para siswa dalam penggunaan situs jejaring sosial. Siswa dapat berdiskusi mengenai tugas, materi pelajaran dan sharing dengan teman bahkan guru mata pelajaran tertentu.

        Peran Facebook sebagai media pembelajaran mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai tempat untuk penyampaian materi pelajaran. Banyak cara yang ditawarkan Facebook untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan suatu pokok bahasan dari sebuah mata pelajaran, beberapa cara tersebut adalah dengan berbagi situs dokumen, photo atau video, membuat status yang relevan dengan pokok bahasan materi, dan membuat resume pokok bahasan materi dengan fitur note atau docs pada group. Selain itu, Facebook juga berfungsi sebagai tempat penjadwalan pelajaran dan ujian. Fungsi ini dimaksudkan agar guru dapat membuat jadwal pelajaran dan jadwal ujian atau evaluasi secara online dengan menggunakan Facebook. Dengan adanya fungsi ini, siswa dapat melihat jadwal kapan saja dan dimana saja. Pembuatan jadwal tersebut dengan cara menggunakan aplikasi acara yang bergambar kalender yang ada pada akun Facebook. Dan yang terakhir fungsi Facebook adalah sebagai sarana berdiskusi. Melalui fungsi ini siswa dapat berdiskusi dengan guru, maupun dengan siswa lainnya. Dalam diskusi tersebut dapat dibahas berbagai topik yang berhubungan dengan materi mata pelajaran yang dibahas disekolah. Dengan adanya Facebook, diskusi materi pelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

        Berdasarkan fungsi-fungsi diatas, dapat ditangkap bahwa facebook mempunyai fitur-fitur untuk menjadi sarana media pembelajara. Fitur tersebut berupa group yang didalamnya terdapat tempat untuk berdiskusi melalui penulisan pesan dinding yang dapat dilengkapi dengan dokumen, foto atau video pendukung. Selain itu siswa dapat berdiskusi secara pribadi dengan guru ataupun sesama siswa melalui fitur chat saat lawan diskusi sedang online dan fitur massages saat lawan diskusi sedang offline. Fitur Facebook chat atau massages dapat menjadi solusi siswa yang malu bertanya saat pembelajaran di kelas.

        Pemaparan diatas memunculkan kelebihan Facebook sebagai media pembelajaran yang berupa Facebook dapat mengatasi kendala jarak dan waktu. Suatu situs jejaring sosial yang diakses dengan menggunakan internet sudah tentu bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Facebook juga memiliki kelebihan untuk mempermudah guru maupun siswa dalam hal berbagi file, foto, atau video. Siswa lebih berani mengungkapkan ide-ide mereka dan siswa yang biasanya pasif akan lebih menjadi aktif karena siswa tersebut tidak berbicara langsung dengan guru dan siswa lainnya. Selain itu, penyampaiaan materi juga akan lebih dianggap menarik oleh siswa karena melibatkan teknologi situs jejaring sosial. Dengan ini proses pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan, dan guru pun lebih mudah untuk menyampaikan materi melalui Facebook tersebut.

        Penggunaan facebook sebagai media pembelajaran tidaklah luput dari kendala atau kekurangan. Hambatan yang pasti dalam penggunaan media pembelajaran Facebook adalah internet. Di era globalisasi ini, memang hampir seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses internet tapi tidak untuk siswa yang tinggal di daerah terluar, terpencil, dan terdalam. Tak jarang menemukan siswa bahkan guru yang masih gagap teknologi. Selain itu, kadang tugas siswa malah terbengkalai karena lebih sibuk berselancar atau chatting dengan teman Facebook. Tidak sedikit siswa yang kecanduan dengan situs jejaring sosial ini. Sehingga dia kurang bisa memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien. Hal itu dilakukan ketika dia menemukan kejenuhan dalam mengerjakan sesuatu dan cenderung untuk mencari kesenangan lain dengan cara berinteraksi dengan sesama pengguna facebook. Meskipun Facebook sebagai media pembelajaran mempunyai kekurangan tetapi masih banyak kelebihan yang dapat diambil.

        Sehingga pemanfaatan situs jejaring sosial yang berupa Facebook dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dan diharapkan dapat menghasilkan pengaruh yang signifikan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak hanya membuang waktu dengan berdiskusi tentang hal lain di luar dunia pendidikan, tapi bisa lebih memanfaatkan situs jejaring sosial tersebut untuk berdiskusi tentang apapun dalam mata pelajaran tertentu. Selain itu, guru juga lebih mudah dalam memantau perkembangan siswanya melalu situs jejaring sosial tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar